Headlines News :

Website Baru

Website SDIT Alam Harapan Ummat sudah berganti alamat menjadi sdit.harumpbg.com. Klik disini untuk masuk ke website baru.
Home » , » SEKOLAH ISLAM INI JADI SEKOLAH TERBAIK DI INGGRIS

SEKOLAH ISLAM INI JADI SEKOLAH TERBAIK DI INGGRIS

Written By sditalamharum on Senin, 28 April 2014 | 19.14



MIZAN.COM - Sebuah sekolah menengah berbasis Islam di Inggris, dinyatakan sebagai sekolah dengan pencapaian pembelajaran tertinggi di negara itu. Tauheedul Islam Girls’ Highschool, menerima label “luar biasa” sebanyak tiga kali berturut-turut, dalam inspeksi yang dilakukan oleh Ofsted, sebuah lembaga resmi di Inggris yang bertugas melakukan pemeriksaan ke sekolah-sekolah.
“Menerima inspeksi dari Ofsted merupakan pengalaman yang menegangkan, tapi juga positif. Para pengawas sangat terkesan dan kami merasa bangga atas apa yang bisa kami perlihatkan kepada mereka,” jelas Hamid Patel, Kepala Sekolah Tauheedul Islam Girls’ Highschool kepada Lancashire Telegraph.
Ofsted memuji tingginya prestasi akademik yang dicapai oleh sekolah ini. Mereka memasukkan Tauheedul Islam Girls’ High School ke dalam jajaran sekolah yang paling mengembangkan muridnya, yang jumlahnya hanya sekitar satu persen di seluruh Inggris. Mereka memuji bahwa Tauheedul Islam didorong oleh “tujuan moral yang kuat”.
Joan McKenna, kepala pengawas untuk kegiatan ini menjelaskan bahwa pencapaian siswa di Tauheedul Islam luar biasa baik. Selain itu, perkembangan yang dibuat oleh setiap kelompok siswa dalam berbagai mata pelajaran juga sangat menakjubkan.
“Perkembangan yang menakjubkan ini membuat siswa mencapai standar yang tinggi. Hasil GCSE mereka dalam semua mata pelajaran selalu berada jauh di atas rata-rata pencapaian nasional,” jelas McKenna.
Penghargaan ini bukanlah yang pertama kali dicapai oleh Tauheedul Islam. Di Februari 2013 lalu, sekolah ini mendapatkan predikat sebagai lembaga dengan pencapaian pembelajaran tertinggi di Inggris. Di bulan Maret setelahnya, sekolah ini masuk ke dalam daftar “Sekolah Menengah Terbaik” di tahun 2013, dalam penghargaan tahunan Times Educational Supplement. Sekolah ini juga mendapatkan pujian serupa oleh Ofsted di tahun lalu.
Dalam laporannya, pengawas memuji sekolah ini dengan “pembelajaran yang sangat efektif”, “budaya untuk mendapatkan yang terbaik”, dan siswa yang “sangat sopan dan peka”.
Selain Tauheedul Islam Girls’ Highschool, sekolah berbasis agama Islam lainnya di London, bernama Tayyibah Girls’ School, juga mendapatkan prestasi yang serupa.
Fokus spiritual dan bermanfaat bagi orang lain
Kunci keberhasilan Tauheedul Islam ternyata terletak pada fokus mereka di bidang spiritual, yang menjadi faktor utama perkembangan sekolah ini selama beberapa tahun terakhir.
“Perkembangan spiritual, moral, sosial, dan budaya siswa di sekolah ini sangatlah tinggi karena kegiatan ini dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting dan telah menjadi bagian tak terpisahkan di kehidupan sekolah,” jelas McKenna.
McKenna juga memuji strategi Tauheedul Islam yang memusatkan perhatian pada lingkungan, yaitu dengan menolong mereka yang membutuhkan. Ia melihat bahwa siswa di sekolah ini selalu berupaya untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung. Perhatian terhadap lingkungan ini tidak menyurutkan prestasi mereka di dalam, karena McKenna melihat bahwa para siswa memiliki motivasi yang tinggi dan sangat antusias dalam belajar.
Menurut laporan Dewan Muslim Inggris (MCB), ada sekitar 400.000 siswa Muslim di seluruh Inggris, dari 2,7 orang total populasi Muslim di negara itu. Sayangnya, jumlah sekolah Islam di Inggris masih tergolong minim. Ada 7.000 sekolah berbasis agama di Inggris, atau satu per tiga dari jumlah sekolah yang ada, yang mengajarkan sekitar 1,7 juta siswa. Dari jumlah itu, 590 di antaranya adalah sekolah menengah, dengan rincian sebagai berikut: lima sekolah Yahudi, dua sekolah Islam, satu sekolah Sikh, sementara sisanya adalah Protestan, Katolik, dan aliran Kristen lainnya.
Meskipun tergolong sedikit, tapi sekolah Islam telah menunjukkan prestasi yang menganggumkan di Inggris. Sejak tahun 2011, sekolah Islam memiliki prestasi yang luar biasa, hingga masuk ke dalam jajaran sekolah yang mengembangkan kemampuan dan bakat siswanya. [OnIslam]

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2012. SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA - All Rights Reserved
Design by EDU Themes Special Education Web Design