Headlines News :

Website Baru

Website SDIT Alam Harapan Ummat sudah berganti alamat menjadi sdit.harumpbg.com. Klik disini untuk masuk ke website baru.
Home » , » MARKET DAY SDIT HARUM

MARKET DAY SDIT HARUM

Written By sditalamharum on Rabu, 10 Oktober 2012 | 18.34


Kalau temen-temen datang ke SDIT HARUM hari kamis pas waktunya istirahat pertama (jam 08.30 - 09.15)  mesti nggak percaya kalau itu sekolahan. Soalnya anak-anak ramai banget berkumpul di lapangan ada yang jualan, ada yang menawar buat membeli, ada juga yang teriak-teriak nawarin barang dagangannya. Pokoknya persis bangaet kaya pasar mini.

Ya jelas saja kaya pasar, karena hari kamis adalah Market Day_nya SDIT Alam Harapan Ummat. Yaitu harinya anak-anak SDIT bertransaksi jual beli. Kamis kemarin jadwalnya kelas 3 yang bertugas sebagai penjual. Kelas yang lainnya sebagai pembeli. Kamis besok kelas 4 dan 5 yang mendapat jadwal dan seterusnya secara bergantian.


Kegiatan ini insyallah akan mendidik dan mengembangkan jiwa wirausaha pada diri anak. Sebagian dari anak-anakk kita mungkin membeli saja tidak berani apalagi harus jualan. Tapi di SDIT HARUM mereka dilatih mandiri. Aplikasi teori-teori ekonomi dan matematika langsung mereka rasakan. Gimana mau jualan kalo memberikan kembalian saja tidak bisa. 

Penjualnya adalah anak-anak di kelas masing-masing, bukan personal. Harapannya biar semua merasakan pengalaman sebagai pedagang. Barang diambil dari pasar dengan uang kas kelas, atau beberapa anak menyediakan barang untuk di jual di kelas itu. Nanti ada pembagian keuntungan antara anak pemilik barang dengan kelas sebagai penjual. 


Tapi terus-terang ini masih baru, jadi masih banyak yang harus di evaluasi. Seperti anak-anak yang terlalu bersemangat berdagang sehingga jualannya tidak sesuai jadwal tapi setiap kamis jualan terus. Barang jualan yang beberapa produk bungkusan pabrik, karena harapannya yang dijual jajan pasar yang menyehatkan. Tapi yang jelas asyik deh,,, bahkan seperti ngga nyadar bahwa mereka juga sedang belajar.


Kurang lebih 45 menit anak-anak melakukan transaksi, kegiatan itu selesai dengan tanda bel bunyei masuk kelas. Mereka dengan semangat masuk kekelas masing-masing. Insyallah modal berharga untuk calon pengusaha, meski punya bakat kalau tidak dikembangkan tidak akan muncul bakat mereka. 
Maju terus SDIT Alah HARUM. Lahirkan generasi yang mengHARUMkan bangsa...


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2012. SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA - All Rights Reserved
Design by EDU Themes Special Education Web Design